Newsletter subscribe

Technology

Reformasi Perizinan, Kominfo Sederhanakan Jadi 5 Jenis Izin

Posted: 04/05/2018 at 6:34 pm   /   by   /   comments (0)

“Ada 28 peraturan Menteri Kominfo, nanti kita akan sederhanakan, totalnya ada 37 jenis izin dan 2 izin sertifikasi. Permennya kita akan hapus, kita akan konsolidasikan menjadi satu permen,” kata Menteri Kominfo Rudiantara dalam rapat pimpinan mengenai APBN 2018 dan Persiapan RAPBN 2019 di gedung Kemenkominfo di Jakarta, Kamis (03/05/2018).

Dari total 37 jenis layanan perizinan di Kementerian Kominfo, Rudiantara akan menyederhanakan menjadi hanya lima jenis, yakni Izin Jaringan, Izin Jasa, Izin Pos, Izin Frekuensi Radio, dan Izin Penyiaran.

Selama ini, kata Rudiantara, perizinan di Kementerian Kominfo ada 37 jenis, yang terdiri dari 30 jenis izin bidang Penyelenggara Pos dan Informatika, 5 jenis izin bidang Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, serta 2 jenis sertifikasi, plus 2 jenis pendaftaran bidang Aplikasi Teknologi dan Informatika.

Dan itu semua, kata Menkominfo, akan disederhanakan menjadi hanya 5 jenis perizinan dan semua akan dituangkan hanya dalam satu peraturan menteri. “Jadi semua dibuat sederhana. Saya sangat mengerti ada banyak izin di SDPPI, kita hapus saja, kita buat izin yang generik.”

Sebagaimana keinginan Presiden Joko Widodo, Rudiantara menjelaskan, bahwa Kementerian Kominfo harus lebih efisien dan efektif dalam menjalankan tugas dan fungsinya, termasuk dalam melayani masyarakat.

Menkominfo mengharapkan proses pelayanan perizinan di Kementerian Kominfo lebih cepat, satu hari kerja selesai, kalaupun ada permohonan masuk pada siang hari, sore harinya harus sudah selesai. “Kita harus berkontribusi pada percepatan penciptaan lapangan pekerjaan, caranya izin dipercepat,” tegasnya.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website