Newsletter subscribe

Design

Instagram, Ridwan Kamil dan Pemimpin Muda Jaman Now

Posted: 22/03/2018 at 11:47 am   /   by   /   comments (0)

Ridwan Kamil, Walikota Bandung saat ini, melalui kekuatan sosial media dan Unique Selling Point-nya, berbicara gamblang dan lugas tentang dirinya yang sangat dekat dengan kaum muda. Atas kreatifitas dan pola komunikasi melalui Instagram, Pemimpin Muda Jaman Now pun patut disematkan kepada Ridwan Kamil

Instagram, salah satu saluran yang dimanfaatkan oleh Ridwan Kamil, menampilkan sosok pejabat muda yang progressif dan “gaul”. Foto – foto aktifitas “sang walikota” ini, sangat mudah diterima oleh kaum millennial, kaum muda yang sangat akrab dengan gadget, internet dan tidak terlalu serius.

Dengan 7,8 juta pengikut RK mampu membuat pengikutnya berdecak kagum dan mengikuti aktifitas pemimpin dengan latar belakang arsitek dan akademisi ini.

Dalam salah satu postingan, Ridwan Kamil berpose dengan seorang nenek yang mengepalkan tangan keatas. Caption dalam foto tersebut sangat humoris; “ Bersama nini – nini ultras jaman now, pendukung RK garis keras *abaikan ekspresi saya yang tunuh belum sarapan #RKgariskeras #1””. Hal tersebut sangat sederhana, namun sangat menyenangkan dan membentuk opini diterima kaum tua dan menjadi pilihan kamu muda.

Celotehan Kang Emil sendiri memang lugas dan sederhana serta sangat memahami selera anak muda Bandung yang terkenal kreatif dan menyasar tepat untuk para pemilih pemula di Jawa Barat, juga mereka yang kental kesundaannya karena Kang Emil mampu membahasakan aktifitas “penat”nya sebagai seorang pejabat publik dengan visualisasi yang mudah diterima dan berusaha dekat dengan followers-nya.

Ada salah satu pemeo yang dipegang oleh para aktifis gerakan, “masuk dengan bahasa mereka, keluar dengan bahasa kita”.

Tak salah, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menempatkan Kang Emil (dengan pasangannya UU Ruzhanul Ulum) di posisi teratas dengan perolehan 43.7 % dan mesin  4 partai pengusung yakni Nasdem dan PKB, PPP dan Hanura telah bergerak massif.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website